Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur melalui Metode Read Aloud di Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.2699Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya keterampilan menulis teks prosedur peserta didik di kelas IV Sekolah Dasar karena penggunaan metode pembelajaran yang kurang menarik. Sehingga tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks prosedur melalui metode read aloud di kelas IV Sekolah Dasar. Desain penelitian ini menggunakan pre-eksperimen dengan desain One Group Pre-test Post-test. Partisipan pada penelitian ini yakni peserta didik kelas IV SDN Tambun 02 dengan menggunakan sampel berjumlah 15 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yakni RPP, lembar tes, dan rubrik penilaian. Terdapat perbedaan hasil yang diperoleh. Pada pretest 33,33% peserta didik termasuk dalam kategori sedang dan 66,66% peserta didik termasuk kategori rendah. Sedangkan pada posttest 13,33% peserta didik termasuk kategori sedang, 40% peserta didik termasuk dalam kategori tinggi, dan 46,66% peserta didik termasuk dalam kategori sangat tinggi. Kesimpulannya yakni terdapat perbedaan pada keterampilan menulis teks prosedur peserta didik dengan dibuktikan oleh adanya peningkatan nilai sesudah digunakan metode read aloud.