Kesulitan dan Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Materi Lingkaran
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2827Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah pelajaran matematika salah satu beban berat bagi siswa, pasalnya siswa menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang paling sulit dan paling dihindari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan dan kesalahan siswa dalam menjawab soal-soal materi lingkaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 29 siswa kelas VIII di sebuah SMP di Makassar. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen soal dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa kesalahan dan kesulitan dalam menjawab soal-soal tersebut yaitu (1) Siswa kurang memahami soal sehingga sulit untuk menyelesaikannya hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman konsep dari siswa tersebut, (2) siswa mengalami kesalahan dalam mengidentifikasi permasalahan, (3) siswa mengalami kesalahan dalam menuliskan satuan jawaban, Kesulitan dan kesalahan yang dialami siswa ini tentunya dikarenakan banyak faktor.