Membangun Karakter Anak Usia Dini Berbasis Sistem Pendidikan Jepang
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.2924Abstract
Ada beberapa aspek unik dalam sistem pendidikan anak usia dini di sekolah Jepang yang berbeda dengan sistem pendidikan di Indonesia. Salah satu aspek tersebut adalah pendidikan karakter. Peneliti terdorong untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai pendidikan karakter berdasarkan sistem pendidikan Jepang, seperti yang diterapkan di TK OISCA Jakarta, salah satu TK di Jakarta. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendidikan karakter diterapkan pada pendidikan anak usia dini di TK OISCA Jakarta. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Teknik analisis data mengikuti model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa sistem pembelajaran di TK OISCA Jakarta mempunyai banyak keunikan. Misalnya, sekolah memiliki kurikulum yang disebut "Kurikulum OISCA" dan model pembelajaran OISCA dipandu oleh sistem pendidikan Kementerian Pendidikan di Jepang. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pendidikan OISCA merupakan pendidikan holistik komprehensif yang tidak hanya mengedepankan kecerdasan dan akademis namun juga mengedepankan moral dan seni untuk membangun individu yang berwawasan luas, mendorong kerja keras, tanggung jawab, kemandirian, dan semangat membangun bangsa yang damai.