Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas V Tema 9 Subtema 3

Authors

  • Dhea Shintia Ardela Putri STKIP PGRI Sidoarjo, Indonesia
  • Lita Erdiana STKIP PGRI Sidoarjo, Indonesia
  • Ery Rahmawati STKIP PGRI Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3050

Abstract

Pada saat proses pembelajaran ditemukan siswa yang merasa bosan dan kurang tertarik dalam pembelajaran. Hal ini dikarenakan pembelajaran cenderung menggunakan buku paket dan alat peraga saja, siswa cenderung mudah bosan dan tidak fokus ke dalam pembelajaran. Hal ini berpengaruh terhadal hasil belajar siswa yang rendah.  Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan media, hasil belajar dan kerjasama antar siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode R&D (Research & Develompment) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek penelitian yaitu 40 siswa kelas Va dan Vb SDN Lemah Putro 1. Instrumen penelitian yaitu lembar validasi, lembar observasi, dan lembar pretest dan posttest. Hasil validasi ahli materi dengan nilai 94% dan ahli media 91,1% sehingga media Power Point Interaktif sangat layak digunakan. Uji validitas 15 soal dinyatakan “valid”. Uji reabilitas pilihan ganda berjumlah 643 dengan kategori “tinggi” uraian berjumlah 816 dengan kategori  “sangat tinggi”.  Uji normalitas diketahui nilai signifikan pretest 0.062 dan posttest 0.200 sehingga data berdistribusi normal.  N Gain memperoleh skor 0.54 dengan kategori (sedang). Hasil observasi kerjasama siswa memperoleh nilai kerjasama sebelum menggunakan media sebesar 60,7% (sedang) sedangkan sesudah menggunakan media sebesar 92,8% (tinggi) dengan presentase peningkatan sebesar 32,1%. Maka media Power Point Interaktif dikatakan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Media Power Point interaktif  dapat meningkatkan hasil belajar dan kerjasama antarsiswa.

Published

2023-12-06

How to Cite

Putri, D. S. A. ., Erdiana, L. ., & Rahmawati, E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas V Tema 9 Subtema 3. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10742-10748. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3050