Komunikasi Bisnis melalui Pendekatan Model UTAUT dan Perceived Enjoyment serta Pengaruhnya terhadap Intensi Penggunaan Mobile Game
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3105Abstract
Teori Unified of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) banyak digunakan untuk memahami intensi dalam penerimaan, serta penggunaan teknologi baru. Pada penggunaan mobile game intensi pengguna juga seringkali dikaitkan dengan nilai kenikmatan (enjoyment). Penelitian ini bertujuan untuk memahami pendekatan model UTAUT dan Perceived Enjoyment sebagai pendekatan model yang dapat digunakan untuk mengkomunikasikan nilai bisnis dalam meningkatkan intensi penggunaan mobile game. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi penelitian pengguna mobile game Candy Crush Saga. dalam penelitian ini analisis data dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) melalui metode Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pendekatan model UTAUT sebagai faktor-faktor penerimaan teknologi terbukti berpengaruh positif terhadap intensi penggunaan mobile game. Selain pendekatan model UTAUT, penelitian ini juga menekankan pentingnya faktor Perceived Enjoyment sebagai konstruk variabel yang secara signifikan juga mempengaruhi intensi penggunaan mobile game.