Pengembangan Kartu Domino Pecahan Sebagai Media Pembelajaran Matematika Kelas II Sekolah Dasar

Authors

  • Siti Nur Ajizah STKIP PGRI Sidoarjo, Indonesia
  • Endang Wahju Andjariani STKIP PGRI Sidoarjo, Indonesia
  • Galuh Kartika Dewi STKIP PGRI Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3320

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media kartu domino pecahan sebagai media pembelajaran matematika di kelas II sekolah dasar dan meningkatkan hasil belajar siswa materi pecahan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika khususnya materi pecahan yang belum mencapai nilai KKM, hal tersebut di sebabkan karena pembelajaran di kelas masih sering menggunakan metode ceramah dan belum sepenuhnya menggunakan media pembelajaran yang konkrit. Pada aspek afektif siswa juga masih kurang aktif dalam proses pembelajaran matematika. Oleh karena itu perolehan hasil belajar matematika siswa khususnya materi pecahan masih rendah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menghasilkan sebuah produk yaitu Kartu Domino Pecahan yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika kelas II SD.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan dalam penelitian ini memiliki kualitas baik, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Hal ini didasari oleh beberapa aspek yaitu: (1) hasil validasi media pembelajaran oleh validator menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memiliki kualitas yang baik, valid dan layak digunakan, hal tersebut di peroleh dari hasil perhitungan validasi ahli media dan ahli materi. (2) hasil validitas dan reliabilitas tes menunjukkan bahwa soal tes yang di gunakan valid dan reliabel sehingga efektif untuk di gunakan.

Published

2023-12-06

How to Cite

Ajizah, S. N. ., Andjariani, E. W. ., & Dewi, G. K. . (2023). Pengembangan Kartu Domino Pecahan Sebagai Media Pembelajaran Matematika Kelas II Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10680-10686. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3320