Efektivitas Model ICARE terhadap Kemampuan Pemahaman Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika Kelas 5 Tentang Konsep Bangun Ruang
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3325Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran ICARE terhadap kemampuan pemahaman peserta didik pada pembelajaran matematika tentang konsep bangun ruang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimental nonequivalen control group design. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemahaman dan lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan membandingkan N-Gain kedua kelompok dengan melakukan uji t independent. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran ICARE efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman siswa pada pembelajaran matematika kelas 5 tentang konsep bangun ruang. Model pembelajaran ICARE dapat dijadikan alternatif yang efektif dalam mengajar konsep tersebut di tingkat MI. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam mata pelajaran matematika.