Pengaruh Brand Trust dan Brand Image tehadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Produk White Diary
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3364Abstract
Kosmetik dan perawatan tubuh adalah kebutuhan utama bagi sebagian besar wanita di era ini. Dalam persaingan bisnis, kepercayaan merek dan citra merek dapat mempengaruhi kepuasan dan loyalitas pelanggan terhadap pembelian suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand trust dan brand image terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan pada produk White Diary di Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan menggunakan skala Likert sebagai pengukuran. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah deskriptif dan analisis jalur (Path Analysis) dengan Paket Statistik untuk program IPS (IBM SPSS 29). Hasil penelitian ini adalah variabel kepercayaan merek dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kepercayaan merek dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kepercayaan merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening, dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening.