Pengaruh Parenting dalam Perkembangan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita di TK DW Bungi Kelompok B

Authors

  • Jumiati Jumiati Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Hamid Patilima Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3365

Abstract

Keluarga adalah lingkungan pertama dan utama bagi anak untuk belajar. Orang tua memiliki peran untuk membantu anak menyelesaikan tugas-tugas perkembangannya termasuk mengembangkan keterampilan berbahasa. Setiap tindak tutur orang tua di lingkungan keluarga, maupun sosial akan memberi pengaruh terhadap perkembangan bahasa anak. Kajian ini mendeskripsikan tentang pentingnya peran orang tua dalam perkembangan pribadi anak usia dini. Stimulus untuk meningkatkan keterampilan berbahasa anak sebagai social skill harus dilakukan para orang tua sejak dini. Pengaruh parenting dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak diantaranya (1) mengenalkan kata sapaan yang baik dan benar ketika berkomunikasi di dalam keluarga, (2) melatih pengucapan kalimat pendek atau sederhana, ketika anak menerima; meminta, bertanyakepada orang lain, (3) mengajak anak mengenal benda-benda disekitarnya, (4) mengajak anak berbicara, (5) membacakan cerita atau mendongeng, (6) menerapkan pola asuh demokratis.

Published

2023-12-02

How to Cite

Jumiati, J., & Patilima, H. . (2023). Pengaruh Parenting dalam Perkembangan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita di TK DW Bungi Kelompok B. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10392-10400. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3365