Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Flash Card Syariah
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3366Abstract
Data Bank Indonesia (2021) tingkat literasi keuangan syariah sebesar 20,1%, masih tergolong rendah mengingat mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam. Mengatasi rendahnya tingkat literasi keuangan syariah dapat diatasi dengan melaksanakan edukasi dan sosialisasi tentang keuangan syariah. Edukasi dan sosialisasi literasi keuangan syariah bukan hanya tugas Dewan Nasional Keuangan Inklusif dan lembaga keuangan syariah, tetapi juga menjadi tugas seorang tenaga pengajar atau dosen melalui pelaksanaan tridarma perguruan tinggi. Dalam suatu pembelajaran dibutukan suatu media pembelajaran agar materi yang disampaikan mudah dipahami dan dimengerti. Flash card dalam penelitian ini berupa sebuah kartu yang berisi istilah-istilah keuangan syariah. Tujuan penelitian untuk mengetahui, kelayakan media flash card dalam meningkatkan literasi keuangan syariah. Jenis penelitian reseach & development, dengan model pengembangan ADDIE (analysis, desain, development, implementasi, evalusi). Sampel penelitian mahasiswa pendidikan ekonomi UMN Al Washliyah. Hasil penelitian menunjukkan persentase tingkat kevalidan ahli media sebesar 83, 07 %, validasi ahli materi 74,54 %, mahasiswa yang mempelajari perbankan dan akuntansi syariah sebesar 82,22 %. Kesimpulan menunjukkan media pembelajaran flash card keuangan syariah dapat digunakan sebagai media pembelajaran perbankan dan akuntansi syariah.