Analisis Media Animasi Berbasis Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif

Authors

  • Herfina Selva Utami Universitas Lampung, Indonesia
  • Pramudiyanti Pramudiyanti Universitas Lampung, Indonesia
  • Bagus Hary Prakoso Universitas Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3404

Abstract

Membangun kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar berpotensi membantu peserta didik memecahkan masalah dengan mudah dan cepat, terutama dalam mengambil keputusan dan kesimpulan pada saat proses pembelajaran. Dalam hal ini banyak pendidik yang berusaha meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan berbagai cara dan tahapan, salah satunya melalui media animasi. Potensinya dapat membangun imajinasi peserta didik dengan lebih baik dan menarik, terutama dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing yang memicu peserta didik untuk mengerahkan kemampuan berpikir aktif, belajar mandiri, dan mencari solusi pemecahan konsep dan masalah. Tujuan artikel ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik mengenai pembelajaran tematik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan ADDIE dengan lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil yang diharapkan dapat menjadi salah satu faktor yang membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Published

2023-12-06

How to Cite

Utami, H. S. ., Pramudiyanti, P., & Prakoso, B. H. . (2023). Analisis Media Animasi Berbasis Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10787-10794. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3404